Selasa, 28 Mei 2013

Kegunaan & Cara Menanam Rosemary

Health_News

Kali ini gue akan ngebahas tentang Tanaman Rosemary yg dikenal dengan tanaman mujarab gan.
Sewaktu ini dikantor gue ribut masalah tanaman ini jadi menurut gue ini seru untuk dibahas disini..

Sepintas jika diperhatikan Rosemarynus officinalis atau Rosemary yang berasal dari kelas Magnoliopsida family Lamiaceae terlihat hampir sama dengan anak cemara. Padahal pohon yang memiliki aroma khas seperti minyak kayu putih ini bukan termasuk pohon cemara.
Selama ini orang-orang hanya mengetahui bahwa tanaman yang berasal dari Eropa ini hanya memiliki fungsi sebagai tanaman hias karena pohon rosemary biasanya memang menghiasi sudut-sudut ruangan di dalam rumah.
Tanaman rosemary membutuhkan udara yang kering dan sejuk. Meski demikian tanaman dengan warna bunga ungu ini dapat bertahan hidup dalam kondisi tanah yang kering. Akan tetapi pohon Rosemary juga bisa terserang hama dan mati jika tanah tersebut tergenang air.
Rosemary telah diteliti dan dikembangkan oleh beberapa ahli. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa kandungan daun rosemary mengandung 1- 25% minyak atsiri, chineol 30%, bornyl asetat 7%, borneol 16-20%, therein 1,8%, champor 15-255 serta minyak esensial.
Jika diperhatikan dari manfaat yang terkandung didalam rosemary serta bentuk tanamannya yang menarik maka tidak menutup kemungkinan tanaman rosemary memiliki prospek yang cerah dan nilai jual yang tinggi.
Jika bisa membudidayakan rosemary secara komersil dan baik maka pastinya tanaman rosemary akan menghasilkan keuntungan yang besar.
Rosemary bisa menjadi rangsangan bagi otak dan ingatan yang sempurna karena bisa memberikan otak suplai darah yang kaya oksigen sehingga meningkatkan fungsi otak.
Disebutkan bahwa rosemary  mengandung antioksidan yang kuat dan berkualitas yang diyakini bisa mengatasi radikal bebas serta menunjukkan aktivitas anti-tumor dan anti-kanker.
Rosemary juga merupakan rangsang yang sempurna bagi sistem sirkulasi  yang tidak hanya meningkatkan fungsi otak namun juga bisa dimanfaatkan untuk merawat gangguan yang dicirikan dengan melemahnya sistem sirkulasi secara kronis misalnya tekanan darah rendah dan tinggi, memar,  pembengkakan pembuluh darah hingga cedera otot.
Rosemary juga bisa membantu menjaga saluran pencernaan serta menenangkan perut dengan cara merenggangkan otot-otot halus di daerah pencernaan, mengurangi kejang dan kram di dalam usus serta menghilangkan rasa kaku atau begah.
Rosemary juga dikenal efektif untuk membantu pencernaan lemak. Rosemary bisa meregangkan otot, saraf, mengurangi ketegangan, kecemasan serta rasa sakit pada seluruh tubuh.
Maka dari itu rosemary juga bisa berguna bagi seseorang yang sedang menjalani perawatan sakit kepala, migrain, depresi, kelelahan, kecemasan serta apati.
Disebutkan bahwa rosemary  juga sangat efektif dalam menghilangkan sakit rematik, nyeri otot dan gangguan pada persendian.
Sebagai antiseptik rosemary  akan membantu mengontrol banyak organisme patogen dan membersihkan darah. Kandungan minyak atsiri dalam rosemary  juga bisa membantu menenangkan syaraf yang tegang.

Rosemary Bisa Menurunkan Agen Penyebab Kanker
Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Food Science menunjukkan bahwa penambahan ekstrak rosemary pada daging mengurangi agen penyebab kanker yang timbul selama pemasakan.
Heterocyclic amines (HCAs) adalah senyawa mutagenik yang terbentuk apabila daging dan ikan dimasak pada suhu tinggi, khususnya pada daging yang di bakar, dipanggang, digoreng.
The National Toxicology Program milik US Department of Health and Human Services mengkatagorikan HCAs sebagai bahan karsinogen yang dapat meningkatkan resiko kanker tertentu.
Kanithaporn Puangsombat dan J. Scott Smith, Peneliti Kansas State University meneliti bagaimana mengurangi kadar HCAs pada daging yang dimasak pada suhu tinggi.
Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan lima ekstrak rosemary pada berbagai konsentrasi air dan etanol dan kemampuannya untuk menghambat pembentukan HCAs pada burger daging.
Ekstrak rosemary diisolasi dengan konsentrasi etanol dari 10-40%. Ekstrak kemudian ditambahkan langsung ke dalam burger, dan dimasak pada suhu 400 F selama 5 menit pada tiap sisi dan pada suhu 375 F selama 6 menit untuk setiap sisi.
Peneliti menemukan bahwa pada semua tingkat konsentrasi akan menguragi kandungan HCAs pada semua suhu.
Saat burger dimasak pada suhu 400 F selama 5 menit pada tiap sisi, rosemary yang diekstrak pada konsentrasi etanol rendah adalah yang paling efektif untuk mencegah pembentukan HCAs.
Rosemary yang diekstrak dengan etanol pada konsentrasi rendah mengandung campuran rosmarinic acid, carnosol, dan carnosic acid. senyawa ini akan bekerja sama dalam menghambat pembentukan HCAs.

Rosemary Sebagai Aroma Terapi
Ada tiga jenis kemotipe bunga rosemary yang bisa dimanfaatkan untuk aromaterapi yaitu, Rosemary officinalis ct Champor, Rosemary officinalis ct. Cineole dan Rosemary officinalis ct Verbenon.

Rosemary officinalis ct Champor
Rosemary officinalis ct Champor mengandung 30% champor yang memiliki khasiat sebagai deuretik dekongestan yang melonggarkan otot yang tegang dan menstimulus sirkulasi peredaran darah.

Rosemary officinalis ct. Cineole
Rosemary officinalis ct. Cineole mengandung 40-55% cineole yang berkhasiat sebagai anti kataral. Kataral adalah selaput lendir yang meradang dengan mengeluarkan getah radang serta berpengaruh pada peradangan pada saluran pernapasan, ekspektoran dan pengusir bakteri seperti Staphylococcus aereus dan Staphylococcus alba.

Rosemary officinalis ct Verbenon
Rosemary officinalis ct Verbenon mengandung 15-40% verbenone yang berkhasiat sebagai anti kataral, mukolitik, ekspektoran, dan antipasmodik.
Ekspektoran adalah suatu zat yang bisa membantu meningkatkan terbentuknya dahak dalam saluran pernapasan serta mempermudah untuk pengeluarannya.
Mukolitik merupakan suatu zat yang membantu mencairkan dahak sehingga jika dahak sudah berhasil diencerkan maka akan lebih mudah untuk mengeluarkannya, maka pernapasaan akan menjadi normal kembali.
rosemary 300x249 Manfaat Rosemary
Manfaat Kecantikan Rosemary
Dalam bidang kecantikan rosemary bisa dijadikan penguat rambut yang dikombinasikan dengan shampoo.
Prospek bunga rosemary cukup bagus sesuai dengan tren, maka jika sudah menjadi tren maka banyak yang menyerbunya sehingga harganya akan menjadi mahal.
Dari prospek yang cerah ini semoga saja para petani mau mengembangkan tanaman ini sebagai tanaman yang komersil yang dibudidayakan sehingga akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Manfaat Lain Dari Rosemary
Manfaat dari rosemary yang sering digunakan oleh masyarakat yaitu untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini bisa mengeluarkan aroma khas yang bisa membuat nyamuk tidak betah jika berada di dekat tanaman ini.
Ternyata selain sebagai bahan kosmetik dan obat, rosemary juga menjadi musuh alami bagi serangga, lalat wortel, ulat dan kumbang kacang.
Jika tanaman ini ditanam secara tumpangsari maka hama-hama tersebut bisa mati terbunuh karena aroma yang dikeluarkannya.
Untuk bisa mendapatkan manfaatnya anda bisa membakar daun ataupun batangnya hingga mengeluarkan uap. Uap yang keluar ini jika masuk  ke trachea nyamuk akan mengakibatkan nyamuk menjadi pusing lalu mati.
Namun ada dampak yang perlu diperhatikan juga bahwa pada penggunaan yang berlebih akan mengakibatkan iritasi kulit dan kram perut sewaktu haid.


Cara Menanam Bibit Herbs

Menanam bibit herbs relatif mudah. Bahkan tidak perlu diberi tambahan pupuk buatan. Karena pupuk akan mengurangi atau 'mengganggu' rasa dan keharuman yang seharusnya dimiliki herbs sebagai tanaman yang ditujukan ditanam untuk dijadikan bumbu masakan atau obat-obatan.

Untuk menanam bibit dari biji, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. siapkan pot grower atau pot tanah liat dengan ukuran diameter 10cm
2. isi bagian bawah pot dengan sedikit potongan styrofoam
3. isi pot dengan campuran tanah kompos dan sekam bakar. tanah kompos yang digunakan sebaiknya mengandung banyak cacahan daun atau pakis
4. lembabkan dengan air
5. taburkan bibit di atas tanah, lalu taburkan tipis-tipis tanah kompos di atasnya
6. selalu jaga kelembaban dengan membasahi dengan water spray, jangan diguyur
7. letakkan di tempat yang kena sinar matahari dan beraerasi baik
8. jangan diletakkan di tempat yang kering dan panas dan terguyur air hujan
9. setelah biji-biji tumbuh besar dan cukup kuat untuk dipindahkan, pindahkan ke pot yang lebih besar atau di tanam di tanah di tempat yang cocok untuk pertumbuhannya sesuai dengan jenis herbs


Oregano, thyme dan rosemary adalah tanaman herbs yang tidak rewel dalam perawatannya. Hanya saja jangan sampai selalu basah tergenang atau kekeringan. Bisa ditanam di tanah dengan sedikit keteduhan pohon.  Basil memerlukan banyak air tapi harus diletakkan di tempat yang cukup sinar matahari. Basil menyukai tanah yang subur dan gembur. Untuk membuatnya rimbun, harus sering dipotong sehingga tunas baru akan selalu muncul.
Sumber : Pusat Pengobatan & Penanaman Bibit Rosemary

3 komentar:

  1. dimana saya dapat membeli tanaman/bibit rosemary

    terimakasih

    BalasHapus
  2. Tanaman ini digunakan juga sebagai Bumbu Dapur
    ,terlebih untuk Bumbu Masakan Eropa yang
    memberikan aroma segar
    Media tanam bisa berupa tanah, kompos atu sekam bakar/kering
    Sinar matahari yang cukup dan bisa lebih baik
    sepanjang hari
    Kebutuhan air: Sedang ( cukup disiram sehari 1x )
    Bibit tanaman berasal dari biji
    Pertumbuhan tanaman baik dan tumbuh daun dalam
    beberapa minggu

    Untuk Pemula maupun pencinta tanaman sangat mudah
    perawatannya
    Saat ini ukuran tanaman : 20 cm-40 cm

    KC Nurseries Bogor, menyediakan tanaman ROSEMARY
    ini, bagi anda yang berminat silahkan hubungi kami
    di : 081384824904

    Salam

    Mas Kitto

    BalasHapus